Arsip Blog

Sabtu, 16 Juni 2012

Identifikasi Karya Tulis Ilmiah


IDENTIFIKASI KARYA TULIS ILMIAH
Oleh : Nur Syifafatul Aimmah (113111137)

A.  SKRIPSI
1.        Judul                      :  IMPLEMENTASI PENILAIAN PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA 1 KENDAL.
Nama penulis         : M. ANWAR
NIM                       : 3102053
Jurusan                   : Pendidikan Agama Islam
Ditulis Tahun         : 2007
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui implementasi penilaian pembelajaran dalam KTSP di SMA 1 Kendal.
Metode Penelitian :
1.    Pendekatan penelitian.
2.    Sumber data dan informasi.
3.    Metode pengumpulan data, meliputi: Metode observasi, intervew, dokumentasi, dan trianggulasi.
4.    Metode analisis data menggunakan analisis descriptive analysis (data ditentukan bukan dalam bentuk angka melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif, dengan cara berfikir induktif).
Isi                           : Dalam pelaksanaan penilaian kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), guru hanya menggunakan penilaian berbasis kelas saja (classroom based evaluation), karena jenis penilaian akhir satuan pendidikan dan sertifikasi, benchmarking, dan tes kemampuan dasar tidak dilakukan oleh guru PAI. Dan ragam penilaian kelas yang digunakan guru dalam pembelajaran hanya meliputi: penilaian tertulis, baik obyektif ataupun uraian, penilaian portofolio meliputi tugas individu (lembar pengamatan, uraian singkat, dan uraian bebas), serta tugas kelompok, penilaian kinerja, atau performance, checklist, dan rating scale.
Penilaian yang dilakukan oleh guru telah mengukur tiga aspek pembelajaran, yaitu aspek kognitif (pengetahuan), aspek afektif (sikap), dan aspek psikomotorik (keterampilan). Karena dalam prinsip penilaian KTSP adalah penilaian yang holistik atau menyeluruh, jadi semua aspek harus ditagih dari peserta didik agar hasil dari pencapaian kompetensi peserta didik dapat diketahui.
2.    Judul                      :  PENGARUH MEMBACA AL-ASMA AL-HUSNA SEBAGAI PEMBUKA PELAJARAN TERHADAP MINAT MENGIKUTI PELAJARAN PAI PESERTA DIDIK SMA MA’ARIF KERTYASA MANDIRAJA BANJARNEGARA.
Nama penulis         : ZAYNATUN MUKHAROMAH
NIM                       : 073111258
Jurusan                   : Pendidikan Agama Islam
Ditulis Tahun         : 2009           
Isi                           : Membaca Al-Asma Al-Husna akan membawa efek positif jika dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan kaidah-kaidah yang ada, termasuk sebagai pembuka pelajaran. Di SMA Ma’arif Kertayasa pelaksanaan membaca Al-Asma Al-Husna sebagai pembuka pelajaran PAI adalah cukup yaitu pada interval 67-70 dengan nilai rata-rata sebesar 67,3409.
                                   Minat pada dasarnya merupakan kesediaan dini yang bersifat aktif untuk menerima sesuatu dari luar, termasuk untuk belajar. Hasil analisis regresi satu predictor variabel membaca Al-Asma Al-Husna sebagai pembuka berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat pengikut pelajaran PAI. Hal ini menunjukkan bahwa membaca Al-Asma’ Al-Husna sebagai pembuka berpengaruh positif terhadap minat peserta didik dalam mengikuti pelajaran PAI artinya semakin baik kualitas dan kuantitas membaca Al-Asma’ Al-Husna sebagai pembuka maka semakin tinggi juga minat peserta didik dalam mengikuti pelajaran PAI dan sebaliknya.   
3.        Judul                      :  PENDIDIKAN ILMIAH DAN PENDIDIKAN AKHLAK PADA PUPUH PERTAMA SERAT WEDHATAMA KARYA KANJENG GUSTI PANGERAN ADIPATI ARYA MANGKU NEGARA IV DALAM PERSPERKTIF PENDIDIKAN ISLAM.
Nama penulis         : VINA AFIATUL KHUSNA
NIM                       : 3105120
Jurusan                   : Pendidikan Agama Islam
Ditulis Tahun         : 2010
Isi                           :  Serat wedhatama merupakan karya sastra Jawa yang berbentuk puisi, ditulis oleh Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara  IV (1811-1881). Keseluruhan isi Serat Wedhatama terdiri atas lima pupuh yaitu: pangkur, sinom, pucung, gambuh, dan kinanthi. Dalam pupuh pertama yaitu tembang pangkur memuat: pertama pendidikan ilmiah yaitu proses mencari ilmu dan berguru pada ahlinya, kedua pendidikan akhlak, meliputi : pengendalian diri, tawadlu’, sabar.
                                      Dalam perspektif pendidikan Islam, pendidikan ilmiah dan pendidikan akhlak pada pupuh pertama serat wedhatama mempunyai proses yang sama dengan pendidikan Islam yang di dalamnya memuat ajaran tentang pendidikan mencari ilmu serta berguru pada ahlinya, dan pendidikan akhlak yang mengajarkan manusia untuk mengendalikan diri, tawadlu’ dan sabar. Namun, tidak semua sesuai dengan pendidikan Islam karena dalam pupuh pertama serat wedhatama banyak terdapat sinkretisme Islam-Jawa.
4.        Judul                      :  PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH POKOK BAHASAN PERADILAN ISLAM KELAS XI IPA 2 MA KARTAYUDA WADO KEDUNGTUBAN BLORA TAHUN PELAJARAN 2010/2011.
Nama penulis         :  AHMAD JANI
Jurusan                   : Pendidikan Agama Islam
Ditulis Tahun         :  2010
Isi                           : Penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe group investigation adalah pembelajaran yang berbentuk tugas kelompok yang diawali dengan kegiatan diskusi secara berpasangan dalam satu kelompok. Setiap anggota dalam kelompok saling berbagi informasi tentang materi yang dipelajari. Setelah diskusi kelompok, setiap kelompok melaporkan atau mempresentasikan hasil investigasi di depan kelas agar kelompok lain menanggapi, mengajukan pertanyaan sehingga terjadi sebuah diskusi untuk memecahkan permasalahan. Dalam diskusi ini posisi guru adalah sebagai narasumber atau fasilitator, mengkolaborasi bersama siswa dalam mengevaluasi setiap jawaban atas pertanyaan yang diajukan. Penerapan metode ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqh pokok bahasan peradilan.
5.        Judul                      :  UPAYA MENINGKATKAN MINAT GEMAR MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR (STUDI TINDAKAN PADA KELAS V MADRASAH DINIYAH AWALIYAH MUSTABANUL KHOIROT DESA BULAK KECAMATAN ROWOSARI KABUPATEN KENDAL).
Nama penulis         : ERFANDI BIN TACHRIR
NIM                       : 093111501
Jurusan                   : Pendidikan Agama Islam
Ditulis Tahun         : 2011
Tujuan Penelitian   :
1.    Mendiskripsikan dan menganalisa perilaku gemar membaca Al-Qur’an siswa kelas V Madrasah Diniyah Awaliyah Mustabanul Khoirot Bulak Rowosari Kendal.
2.    Mendiskripsikan dan menganalisa upaya menumbuhkan perilaku gemar membaca Al-Qur’an pada siswa kelas V Madrasah Diniyah Awaliyah Mustabanul Khoirot Bulak Rowosari Kendal. 
Metode Penelitian :
1.    Observasi
2.    Wawancara
3.    Angket
4.    Test
5.    Studi Dokumentasi
Isi                           : Model pembelajaran melalui media gambar dapat menumbuhkan upaya perilaku gemar membaca Al-Qur’an, sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan dapat memberikan peningkatan terhadap hassil belajar siswa secara signifikan.
Madrasah Diniyah Awaliyah Bulak Rowosari Kendal sangat menekankan arti pentingnya pendidikan Al-Qur’an bagi peserta didik dalam rangka mempelajari, memahami, mengkaji dan menggali arti penting dari pendidikan.
Dari tindakan pembelajaran melalui media gambar maka diperoleh hasil setiap siklus. Prosentase siklus I tuntas 62,5%, tidak tuntas 37,5%, siklus II tuntas 68,1%, tidak tuntas 21,9%, siklus III tuntas 90,6%, tidak tuntas 9,4%, jadi dari semua tindakan ada peningkatan sesuai dengan harapan dan tujuan pembelajaran.

B.  BUKU ILMIAH
1.        Judul                 :  MAHIR BERBAHASA INDONESIA
Nama penulis    :  Dra. Hj. Endang Rumaningsih, M.Hum
Ditulis Tahun    :  2006    
Penerbit             :  RaSAIL
Isi                      : Materi efektif dan sistematis berbahasa Indonesia baku, dasar-dasar kemahiran berbahasa termuat dalam bab-bab mengenai Ejaan Yang Disempurnakan, kalimat, dan alinea. Pengguna bahasa yang baku yang berdasarkan pengetahuan umum Ejaan Yang Disempurnakan dibahas pada bab V dan VI. Penyusunan kalimat efektif diuraikan pada bab VII,  pembahasan mengenai alinea dimasukkan pada pertengahan bab VIII dan Bab IX, X, XI berisi pembahasan mengenai persoalan-persoalan tema, kerangka karangan, serta penulisan karangan. Bab XII merupakan bab baru yang berisi tentang penulisan ilmiah.
2.        Judul                 :  CARA MENULIS MAKALAH FILSAFAT
Nama penulis    :  James S. Stramel
Tahun Terbit      : 2002
Penerbit             :  Pustaka Pelajar
Isi                      : Menulis makalah merupakan ketrampilan penting, suatu hal yang perlu dikuasai mahasiswa dan semua pekerja ilmiah dengan baik. Makalah berbeda dengan format tulisan ilmiah yang lebih tebal seperti skripsi, tesis atau disertasi.
                                         Menyajikan dan menjelaskan berbagai konsep dan peralatan paling penting yang diperhatikan bagi pemikiran kefilsafatan yang masuk akal. Dalam buku ini terdapat 6 bab, yang membahas tentang keahlian berfilsafat, berfikir secara filsafat, sejumlah peralatan analitik yang penting, beberapa keutamaan tulisan kefilsafatan, proses penulisan dan mempersiapkan draft akhir.
3.        Judul                 :  PENDIDIKAN NEOMODERNISME (Telaah Pemikiran Fazlur Rahman)
Nama penulis    :  M. Rikza Chamami, M.Si.
Ditulis Tahun    :  2010
Penerbit             :  Walisongo Press
Isi                      : Neomodernisme merupakan gerakan intelektual yang sangat berhubungan dengan pendidikan, karena berorientasi pada pembaharuan yang dalam islam diawali dari pendidikan. Pembaharuan pendidikan merupakan satu-satunya pendekatan untuk suatu penyelesaian problem-problem jangka panjang yang dialami masyarakat Islam saat ini.
                                         Di dalam buku ini, secara garis besar dibagi menjadi lima bab yang terdiri dari 18 sub bab. Bab pertama membahas pendahuluan, pada bagian ini diungkap tentang latar belakang, fokus studi, metode studi, dan pergerakan studi. Bab kedua membahas tentang neomodernisme dan pendidikan Islam. Bab ketiga membahas tentang riwayat hidup Fazlur Rahman dan pemikiran tentang pendidikan Islam. Bab keempat membahas tentang implikasi neomodernisme Fazlur Rahman dalam pendidikan Islam. Bab kelima membahas penutup, pada bagian ini terdiri dari kesimpulan dan rekomendasi.
PERSAMAAN DAN PERBEDAAN
SKRIPSI, TESIS, DAN DISERTASI

A.      PERSAMAAN SKRIPSI, TESIS, DAN DISERTASI :
1.         Sama-sama tugas akhir.
2.         Penulisannya objektif dengan pola pikir deduktif, induktif, dan sistematis.
3.         Disajikan dalam bahasa ilmiah.
4.         Tugas akhir penulisan mengkomunikasikan atau menginformasikan kepada pembaca.
5.         Sama-sama berdasarkan fakta (data diperoleh melalui tahap penelitian).
6.         Sama-sama diujikan dalam sidang ujian.
B.       PERBEDAAN SKRIPSI, TESIS, DAN DISERTASI:
1.         SKRIPSI
a.         Karangan ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis dengan rujukan pendapat orang lain.
b.        Ditulis untuk menjadi syarat kelulusan S1.
c.         Masalah yang di ajukan sesuai bidang keilmuan yang ditekuni.
d.        Semua komponen jelas tampak pada skripsi.
e.         Pendapat di dukung data dan fakta-fakta empiris dan objektif.
f.         Pembahasan mengikuti alur pemikiran ilmiah.
g.        Jumlah halaman min 60.
h.        Skripsi di ujikan di dalam sidang ujian skripsi.
2.         TESIS
a.         Karangan ilmiah tugas akhir pendidikan S2.
b.        Berisi salah satu aspek atau studi pendidikan yang diikuti.
c.         Tesis di ujikan dalam sidang ujian tesis.
d.        Penulisan tesis bertujuan untuk memperluas ilmu dari bangku kuliah Master.
e.         Ilmu berupa suatu penemuan.
f.         Jumlah halaman min 80.
3.         DISERTASI
a.         Karangan tugas akhir S3.
b.        Berisi tinjauan filosofis bidang ilmu yang diteliti.
c.         Mengemukakan suatu dalil berdasarkan data dan fakta akurat dengan analisis rinci.
d.        Tema disertasi berisi tema penemuan para penulis yang bersifat orisinil.
e.       Jumlah halaman min 250 halaman.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Video Ketika Cinta bertasbih

Loading...

Video Habibi dan Ainun

Loading...

Video Laskar Pelangi

Loading...